MLM dan ARISAN BERANTAI

Semua MLM berdasarkan sistem/skema Piramid dimana satu orang di puncak memiliki beberapa pendukung di bawahnya (downline) dan para downline kemudian menjadi upline dan memiliki beberapa downline di bawahnya, demikian seterusnya. Ada yang disebut ‘naked-pyramid’ yaitu yang hanya melibatkan uang tanpa produk, ini disebut arisan berantai atau money game, ada yang disebut ‘product-based pyramid’ dimana di sini bukan hanya uang yang dilibatkan tetapi produk (umumnya kosmetik & suplemen makanan).

Yang pasti baik dalam MLM yang ‘naked pyramid’ maupun yang ‘product-based pyramid,’ peserta terdahulu (yang sedikit) akan mengeruk keuntungan banyak atas kerugian peserta terkemudian (lebih-lebih yang terbawah).

Sekalipun disebut MLM lebih baik dari arisan berantai, bisa juga arisan berantai lebih baik dari MLM, misalnya dalam arisan berantai dimana downline jumlahnya 4 orang dan peserta baru mengirimkan setoran ke-4 nama, sekalipun ini merugikan yang dibawah, tetapi pembagian keuntungan di lapisan atas lebih merata (setelah 4 lapis namanya dihilangkan dari daftar), padahal dalam MLM-produk yang canggih (seperti Amway & CNI) pengusaha atau bandar akan mengeruk keuntungan terbesar dan sedikit kelompok elit di level atas juga akan menuai komisi secara terus menerus dari penjualan oleh downline dan perekrutan peserta baru.

MLM

  1. Sistem Kerja MLM
    • Calon member (anggota) melakukan pendaftaran dengan membayar sejumlah uang dan akan mendapatkan Starter Kit.
    • Member kemudian memasarkan produk langsung kepada konsumen. Biasanya produk yang dijual tidak dijual di toko-toko umum.
    • Member mencari member sebanyak-banyaknya yang nanti akan menjadi downline-nya
  1. Keuntungan Yang Diperolah Member
    • Keuntungan lansung dari penjualan produk
    • Bonus poin dari tiap-tiap produk yang ia beli. Hal ini menyebabkan seorang member akan membeli produk sebanyak-banyaknya yang sebenarnya tidak ia butuhkan guna melakukan tutup poin, untuk mengejar bonus yang ditawarkan, karena apabila tidak bisa tutup poin, maka poin yang sudah terkumpul akan hangus.
    • Bonus dari rekrutmen member

ARISAN BERANTAI

Sistem Kerja Arisan Berantai :

  1. Peserta mengirim uang ke-4 orang anggota (ada juga yang mengharuskan mengirimkan sejumlah uang kepada penyelenggara sebagai uang administrasi atau semisalnya)
  2. Mengubah isi surat dengan cara memasukkan nama dirinya pada urutan paling bawah dan menaikkan urutan peserta sebelumnya satu tingkat sehingga peserta pada urutan pertama yang dikirimi uang keluar dari daftar urutan calon penerima uang
  3. Mengirim surat yang telah dirubah isinya tersebut ke orang lain sebanyak-banyaknya
  4. Setelah peserta tersebut sampai pada urutan pertama, dia akan menerima uang kiriman dari peserta baru yang jumlahnya tergantung pada jumlah surat yang dikirimkannya dulu

CATATAN

  1. Kebanyakan penyelenggara tidak menggunakan alamat yang jelas, mereka menggunakan alamat PO BOX.
  2.  Penyelenggara menggunakan nama yang bermacam-macam, seperti : INVESTASI BERSAMA, PROFESSION BUSY CLUB PROGRAMME (PBCP), PROGRAM ORANG TUA ASUH, DANA REVOLUSI, PESONA PEDULI SOSIAL, RATU NETWORK, HAKUSAMA 250, USAHA JASA INFORMASI (UJINFO), KEAJAIBAN SEDEKAH, dll. Yang semua itu hakekatnya sama, yaitu MLM dan ARISAN BERANTAI walaupun sebagian dari mereka menutup-nutupinya.
  3.  Cara mereka mencari anggota sebanyak-banyaknya :
  • Mengirimkan brosur sebanyak-banyaknya kepada sembarang nama yang dijumpai, baik di Koran, majalah, dan yang lainnya
  • Menaruh brosur di tempat-tempat umum agar orang tertarik membacanya
  • Memasang iklan di Media Cetak dengan kemasan yang menarik, seperti : pekerjaan sambilan di rumah yang tidak mengganggu aktifitas kantor, modal sedikit untung besar, menjadi jutawan dalam satu minggu, dll.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: