BAGAIMANA MEMPERLAKUKAN SISWI PERUSUH

Aku seorang guru SMA. Ada seorang siswi terusir dari sekolah lain -karena prilaku buruknya- yang mendaftar ke sekolahanku. Aku merasa sedih terhadap kondisi ibunya yang meminta pertolongan kepadaku. Maka aku pun setuju untuk memberikan andil pendaftarannya di sekolahan atas dasar tanggung jawabku. Dia sekarang tinggal di dekat sekolahan pada kakak laki-lakinya. Pertanyaanku, ‘Bagaimana aku memperlakukan siswi yang perusuh ini?’ Perlu diketahui bahwa dia berada di kelas yang aku menjadi wali kelasnya. (SR. Jakarta)

Jawab:
Hayyakillah, selamat datang di majalah Qiblati.
Sesungguhnya aku memuji akan bersegeranya Anda dalam kebaikan, dan perhatian Anda terhadap orang lain. Tidak semua orang bisa melakukan peran agung seperti ini. Maka mudah-mudahan Allah membalas Anda dengan segenap kebaikan.

Sesungguhnya kami berdo’a mudah-mudahan perhatian dan usaha Anda diberkahi oleh Allah, dan kami bersyukur atas perhatian dan kecemburuan Anda atas saudari-saudari Anda. Menurut hemat kami, hendaknya Anda melakukan beberapa percobaan penting –sekalipun terdapat kesulitan padanya- akan tetapi kami yakin bahwa kemauan Anda lebih tinggi sehingga bisa mengatasi kesulitan itu.

Pertama-tama, wajib bagi Anda untuk bertanya kepada diri Anda, mengapa Anda melakukan pekerjaan ini? Sesungguhnya jawaban atas pertanyaan ini akan semakin menambah kemauan Anda untuk memperbaiki siswi tersebut.

Aku berikan beberapa nasihat untuk Anda, dan Anda harus melaksanakannya hingga percobaan Anda sukses:
Pertama, Anda harus menziarahi sekolahannya yang lalu, menemui guru BP-nya kemudian menanyakan kepadanya tentang permasalahan siswi tersebut, tentang kepribadiannya dan segala sesuatu yang berkaitan dengannya. Kemudian pahamkanlah guru-guru yang lain dengan apa yang telah Anda dapatkan.

Ke dua, dekatilah dia, buat dia merasakan cinta Anda, pujilah perbuatan baiknya.

Ke tiga, jangan hiraukan sebagian prilaku ringan, dan arahkan dia dengan cara yang tidak terang-terangan, dan jangan berharap darinya di permulaan bahwa perilakunya akan menjadi istimewa.

Ke empat, buatlah dia berteman dengan siswi-siswi lain yang akan bisa mempengaruhinya dan mereka tidak bisa terpengaruh olehnya.

Ke lima, doronglah dia untuk ikut menghadiri kajian ilmu, dan awali dengan menyertainya, kemudian buatlah dia ikut serta dalam kerja sosial dengan menjadikannya memiliki peran yang sesuai, dan harus menjadi salah satu anggota dari panitia apapun. Maka kepribadian seperti dia, adalah kepribadian yang suka senantiasa menonjol. Akan tetapi daripada ia menonjol dalam keburukan, maka arahkanlah agar ia menonjol dalam kebaikan.

Ke enam, mintalah pendapatnya dalam sebagian perkara ringan, hingga percaya dirinya kembali.

Ke tujuh, jadikanlah dia merasa bahwa dia memiliki peran penting dalam masyarakat, apakah di dalam sekolahan atau di luarnya. Maka dari itu Anda harus menunjukkan perannya di hadapan masyarakat, dan teruslah memberikan dorongan kepadanya.

Ke delapan, setelah kesungguhan usaha ini terhadapnya, Anda harus bersabar dan mengawasinya dengan baik, dan selalu mintalah pertolongan kepada Allah.
Mudah-mudahan Allah Ta’ala menjadikan amal ini sebagai amal yang mengangkat derajat Anda di dunia dan akhirat.

Sumber : https://www.facebook.com/qiblati/posts/686240871414804

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: